Written By Unknown on Monday, August 18, 2014 | 8:26 PM

Bakti anak kepada orang yang mendidik dan melahirkan kita di dunia salah satunya adalah dengan mendoakan kedua orang tua. Tanpa mereka tentunya kita tidak akan hadir di dunia, sebagai seorang insan sudahkah kita menyisipkan doa untuk kedua orang tua kita diantara waktu sholat dan ibadah-ibadah kita yang lain.

Berbakti kepada kedua orang tidak hanya dibatasi pada waktu mereka masih hidup, tetapi masih dapat dilakukan setelah mereka meninggal dunia, di antaranya adalah dengan mendoakannya. Doa dan sedekah yang sudah anda niatkan untuk kedua orang tua sudah benar. Karena Setelah meninggal dunia pahala orang tua (dari amalannya sendiri) terputus kecuali dari tiga hal. 
Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila seorang anak adam meninggal dunia terputuslah semua amalnya kecuali tiga hal yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim) Hadits ini tentang terputusnya pahala dari amalan diri seseorang apabila yang bersangkutan telah meninggal dunia.

Sahabat Ibnu Abbas ra meriwayatkan bahwa seseorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad Saw. Dia berkata; “Ibu saya meninggal, Apakah ada manfaatnya apabila saya bersedekah untuk ibu saya?” Rasulullah menjawab, “Ya berguna bagi ibumu.” Orang itu berkata lagi, “Saya mempunyai sebuah kebun dan engkau Rasulullah aku jadikan saksi, bahwa aku telah menyedekahkan kebun itu untuk ibu saya.” (HR Bukhari, Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasa’i)

Hadist tentang Sedekah untuk keluarga yang meninggal itu juga dikuatkan dengan Hadits Rasulullah Saw. dari Siti ‘Aisyah Ra.
“Dari Siti ‘Aisyah Ra bahwa seorang laki-laki berkata kepada Nabi Muhammad SAW: “Ibu saya mati mendadak, dan saya yakin seandainya dia bisa bicara, dia bersedekah, apakah ibu saya mendapat pahala, seandainya saya bersedekah untuk ibu saya? Rasulullah menjawab, “ya ada pahala bagi ibumu.”(HR Bukhari dan Muslim).

Berbakti kepada kedua orang tua bisa kita lakukan ketika mereka masih hidup atau sudah meninggal dunia. Setelah mereka meninggal dunia kita bisa mendoakannya.Semoga kita dijadikan oleh Allah SWT menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua kita, menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan selalu mendoakan keduanya.. Amiin

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Do’a Anak Kepada Kedua Orang Tua. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Rahasia Doa
feedburner

0 comments:

Post a Comment

Rahasia Doa © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger